Kandungan Minyak Kemiri dan Manfaat Minyak Kemiri Selain Sebagai Obat Penumbuh Rambut

By | 28 Maret 2017

Minyak kemiri dikenal sebagai penumbuh rambut dan obat rambut rontok sejak jaman dahulu. Namun tahukah anda apakah khasiat dari minyak kemiri??? Sebelum membahas khasiat dari minyak kemiri, mari kita ulas mengenai kandungan yang terdapat pada minyak kemiri.

Manfaat Minyak Kemiri

1.Asam Oleostearat : merupakan komponen utama yang terdapat pada minyak kemiri. Zat Asam tersebut biasanya digunakan untuk pengawet pada kayu,sebagai pelapis kertas anti air,bahan campuran pembuatan isolasi serta pengganti karet

2.  Asam Linoleic : Asam Linoleic yaitu asam lemak yang tidak jenuh dan biasanya terdapat pada kosmetik kecantikan karena dapat berfungsi sebagai pelembab, antiradang, serta mengurangi resiko timbul jerawat.

3. Asam Linolenic *kurang dari : Asam Linolenic yaitu salah satu asam lemak Omega 3 yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan serta perkembangan tubuh.

4. Asam Oleic  : Asam Oleic yaitu Asam Lemak alami yang secara natural terdapat pada Hewan atau Tumbuhan. Asam Oleic ini merupakan bahan utama yang terdapat pada Sabun, pelunak serta pelarut. Asam oleic ini juga dipercaya mampu mengatasi kolesterol dalam tubuh.

Maka dari itu tidak diragukan lagi jika banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan minyak kemiri sebagai bahan dasar pembuatannya. Berikut beberapa sebutan untuk klaim jenis produk yang menggunakan minyak kemiri sebagai bahan utama :

a. Sabun & Shampo

b. Minyak kemiri bisa dioleskan ke kulit dengan dipadukan dengan berbagai macam aroma

c. Seperti halnya Castor Oil, Minyak kemiri juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan Conditioner

d. Dapat dioleskan ke kulit kepala sebagai obat Penumbuh rambut dan penyubur rambut

e. Pada beberapa wilayah, minyak kemiri juga dipakai untuk obat diare berdarah, mengobati sendi yang bengkak, sakit kepala hingga demam.

Dunia medis mencoba meneliti kandungan kemiri sebagai obat asma, diare, konstipasi hingga botak. Namun penelitian tersebut masih sangat sedikit sehingga belum dapat menjadi rujukan yang kuat jika kemiri dapat mengatasi masalah penyakit diatas.

Minyak kemiri yang telah dipakai dalam industri yang selain bertemakan kecantikan dan kesehatan bisa jadi sudah teruji manfaatnya sehingga minyak kemiri terus digunakan sebagai bahan utamanya. Namun, manfaat minyak kemiri untuk kecantikan umumnya belum memperoleh verifikasi dari segi medis sehingga penggunaannya perlu dikonsultasikan terlebih dulu , terutama jika konsumen mempunyai penyakit atau sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *